Sabtu, 26 Januari 2013

LINGKARAN MAHASISWA ( DUNIA KOS-KOSAN )…




Hay para Sahabat yang masih tetap eksis bergemuruh dan melayang-layang mencari informasi di dunia maya ( cybercomunity),,,gimana kabarnya,,tentunya kabar baik yang penulis harapkan  dan gimana dengan impian-impian manis yang kalian idamkan, tentunya seiring dengan berjalannya waktu impian-impian itu akan terwujud satu persatu jika kita tetap berusaha untuk mewujudkannya,,,okey….
Nah,,,pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi perihal gambaran singkat mengenai kehidupan mahasiswa ( Dunia Kos-Kosan ),,yuuk kita mulai ,,,ceekiidoot….
Dunia kos-kosan merupakan suatu batu pijakan bagi khalayak sebagaian mahasiswa untuk melangkah,melatih,membentuk kepribadian yang mandiri,tangguh dan loyal  sehingga nantinya memiliki daya power agar mampu berkompetisi di era yang penuh dengan tantangan. Di dunia kos-kosan inilah kita akan berusaha untuk merajut impian yang indah demi secercah harapan yang gemilang  di masa yang akan datang. Meskipun, terkadang membuat jiwa masing-masing mahasiswa terasa hampa tanpa kehadiran seorang motivator sejati yang senantiasa tanpa lelah memberikan spirit cinta yang membuat belaian hangat di jiwa yaitu kehadiran KELUARGA INTI ( Orang tua ). Namun itulah yang menjadi hal yang fundamental dari realitas rill dalam menempuh dunia kos-kosan yang memaksa kita untuk kuat dan tetap memiliki kerelahan hati untuk menerima akan perpisahan yang sifatnya sementara demi mewujudkan salah satu harapan yang menjadi idaman seorang mahasiswa sekaligus orang tua yaitu KESUKSESAN dan KEKUATAN DEMI KEBERLANGSUNGAN HIDUP.
            Banyak suatu fenomenologi unik yang akan memprakarsai ruang gerak yang akan dilalui/dirasakan  di dunia kos-kosan yang memiliki nafas positif dan negative yang menjadi label seorang mahasiswa sebagai symbol dari hasil suatu proses interaksi social,hal itu tergantung dari prilaku yang di tonjolkan oleh actor-aktor yang terlibat dalam dunia kos-kosan. Hasil dan label yang baik akan menjadi gelar bagi seorang mahasiswa yang mampu/sanggup menampilkan sesuatu stimulus dan respon yang baik.
            Jika memakai konsep Pertukaran Social  dalam hubungan social yang saling memengaruhi akan ada unsur ganjaran ,pengorbanan,dan keuntungan yang menjadi mobilisasi yang akan menghubungkan antar-aktor dari berbagai mahasiswa dengan konsep berfikir rasional yang dimiliki yang menjadi kerangka berfikir seorang mahasiswa sebagai tindakan subjektif. Misalnya Cinta,Uang,life style,konflik, kompetisi,dan lain-lain.
            Ada 2 tipe tingkat kesadaran yang paling nampak dari berbagai mahasiswa,yaitu:
·         Mahasiswa yang memiliki kesadaran kritis
·         Mahasiswa yang memiliki kesadaran naïf.
Apa maksud dari kedua tipe di atas,yaitu dalam karakter dan jiwa suatu mahasiswa kadang kita mendengar/melihat mahasiswa yang benar-benar mampu memaknai akan falsafah hidupnya dan adapun yang sebaliknya. Contoh mahasiswa berfikir kritis yakni : terdapat mahasiswa yang mengukir berbagai prestasi yang gemilang sebagai hasil yang positif dalam menempuh lika-liku dunia mahasiswa,dalam artian bahwa ia sungguh-sungguh aktif dalam dunia kemahasiswaannya. Namun sebaliknya, Contoh kesadaran naïf yaitu : terdapat mahasiswa yang sadar bahwa tindakan yang ia lakukan itu amoral tetapi ia tetap asyik berfoya-foya di dalamnya,misalnya Dunia kos-kosan dijadikan sebagai istana pergaulan bebas yang mengarah pada tindakan amoral yang dimana jauh dari nilai-nilai kemanusiaan dan tak pula sesuai dengan hukum kodrat. Seperti budaya hedonisme,konsumerisme, dan budaya westenisasi dimana hal ini telah mendarah daging di jiwa-jiwa mereka, mereka buta dan tuli dimana mereka telah terjangkit virus kenikmatan dunia yang sifatnya sementara.
Nah…Salah satu gambaran pula Dalam dunia kos-kosan modal materi merupakan surga kebahagiaan bagi mahasiswa yang dimana sebagai aspek terpenting untuk pemenuhan kebutuhan hidup di dunia kos-kosan di hari-hari selanjutnya.,ketika modal tersebut telah menipis terkadang rasa pilu dan resah membuat batin mahasiswa terguncang...ohh kowdongg…!!!

3 komentar: